Neymar Pecahkan Rekor Transfer, Ramalan Mourinho Terbukti Jitu

By Christina Kasih Nugrahaeni - Jumat, 4 Agustus 2017 | 09:57 WIB
Ekspresi pelatih Manchester United, Jose Mourinho, dalam partai uji coba lawan Sampdoria di Aviva Stadium, Dublin, 2 Agustus 2017. (PAUL FAITH / AFP)

Neymar kini resmi menjadi pemain Paris Saint-Germain dengan klausul pelepasan senilai 222 juta euro (sekitar 3,5 triliun rupiah), Kamis (3/8/2017), sekaligus memecahkan rekor transfer Paul Pogba, satu tahun sebelumnya. 

Kilas balik ke musim panas lalu, manajer Manchester United Jose Mourinho "meramalkan" akan ada masa ketika pemain dengan kualitas biasa memiliki nilai cukup tinggi.

"Saya pikir mengamankan Pogba itu susah. Tetapi, itu adalah harga untuk siapa dia dan nilainya," kata Mourinho pada musim transfer lalu.

Mourinho juga meyakini akan ada pemain yang hanya setengah berkualitas akan memiliki harga yang sama dengan Paul Pogba, atau bahkan lebih.

"Saya pikir pada beberapa tahun ke depan, Kamu akan menyadari bahwa Paul Pogba murah dan tidak banyak klub yang melihat antisipasi ini," tuturnya. 

Disebutkan oleh Mourinho, beberapa tahun lalu harga 25 juta poundsterling (sekitar Rp 437 miliar) adalah harga pemain yang fenomenal.

Hari ini, harga 25 juta poundsterling bahkan bukan harga total pemain, baru harga awalan pemain.

(BACA JUGA: Neymar Siap Lakukan Apa Pun demi PSG)

Contohnya adalah Jordan Pickford yang dibeli oleh Everton dari harga 25 juta dolar poundsterling naik menjadi 30 juta dolar poundsterling ketika sudah melakoni beberapa laga tertentu.

"Sekarang jika kamu ingin membeli prospek bagus yang akan menjadi fantastis, kamu membayar seperti dia telah menjadi pemain besar," ucap Mourinho.