Brighton and Hove Albion Bantu Masyarakat agar Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

By Scholastica Novena M.P.K - Jumat, 18 Agustus 2017 | 15:28 WIB
Ekspresi manajer Brighton & Hove Albion, Chris Hughton, sebelum dimulainya pertandingan ronde keempat Piala FA 2014-2015 menghadapi Arsenal di Stadion The American Express Community, Brighton, Inggris, pada 25 January 2015. (AFP PHOTO / GLYN KIRK)

 Dewan Kota Adur & Worthing, daerah yang terletak di Sussex, Inggris, memanfaatkan klub Brighton and Hove Albion sebagai trik untuk melancarkan program kebersihan kota.

Menjelang laga Brighton and Hove Albion kotra Leicester City dalam ajang Liga Inggris, Dewan Kota mengajukan polling dengan pertanyaan.

Pertanyaan tersebut berbunyi 'Apakah Brighton bertahan di Liga Inggris?'.

Namun pertanyaan tersebut tak serta-merta disampaikan secara lisan.

Dewan Kota menyematkan pertanyaan tersebut dalam sebuah kotak voting yang sekaligus berfungsi sebagai asbak.

Pada kotak tersebut tersedia dua lubang untuk jawaban ya atau tidak.

Para penduduk (utamanya perokok) diminta partisipasi untuk menjawab poling tersebut dengan memasukkan puntung rokok mereka ke lubang yang sesuai pilihan jawaban.


Konselor Diane Guest menunjukkan cara kerja kotak poling.(THE ARGUS)

Dilansir BolaSport.com dari The Argus, inisiatif tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah di jalanan akibat puntung rokok.

Di pusat kota Worthing, pembersih jalanan biasanya memungut antara 60 sampai 100 puntung rokok setiap hari dalam jarak pendek antara Montague Place dan South Street.