Dicibir, Ternyata Musim Lalu Danny Drinkwater Punya Statistik Lebih Baik dari Nemanja Matic

By Firzie A. Idris - Jumat, 1 September 2017 | 21:59 WIB
Gelandang Leicester City, Danny Drinkwater, memenangi duel udara kontra pemain Chelsea, Nemanja Matic, pada laga Liga Inggris di Stadion King Power pada 14 Januari 2017. (ADRIAN DENNIS/AFP)

Chelsea menuntaskan transfer gelandang Leicester City, Danny Drinkwater (27), pada menit-menit akhir bursa transfer musim panas Jumat (1/9/2017) dini hari waktu Indonesia. Kendati kehadirannya banyak dicela, statistik Drinkwater ternyata superior ketimbang Matic pada 2016-2017.

Kritik terhadap transfer 35 juta pounds itu berdatangan di ranah media sosial.

Mantan gelandang timnas Skotlandia, Don Hutchison, mengatakan bahwa pimpinan The Blues tak punya akal dalam mendatangkan Drinkwater untuk mengganti Matic yang dilepas ke Manchester United.

Beberapa akun fans Man United pun mengatakannya sebagai "pemain buangan" Setan Merah karena tak dapat menembus tim utama selama masanya di Old Trafford.

Akan tetapi, perbandingan statistik keduanya musim lalu menunjukkan bahwa Drinkwater sama hebat atau superior ketimbang Matic.

Hal ini terlihat dari beberapa aspek seperti sentuhan bola, dribel sukses, usaha ke gawang, dan aspek distribusi serta pertahanan.

Musim lalu, Drinkwater melakukan rataan 75,6 sentuhan per laga berbanding Matic yang hanya 64,3.


Heatmap perbandingan zona jelajah Nemanja Matic (kanan) dan Danny Drinkwater (kiri) pada musim 2016-2017.(fantasyfootballscout.co.uk)

Fakta ini berbanding lurus dengan perbedaan peran kedua pemain, di mana Drinkwater lebih mobile dan menjelajahi setiap bilah rumput di mana Matic terbatasi oleh instruksi Antonio Conte.

Tak heran apabila Drinkwater lebih sering menguji pertahanan lawan ketimbang Matic.