Ini Penjelasan Laws of the Game Perihal Kartu Merah Sadio Mane

By Firzie A. Idris - Sabtu, 9 September 2017 | 19:51 WIB
Aksi penyerang Liverpool, Sadio Mane (kanan), saat menerjang kepala kiper Manchester City, Ederson Moraes, dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, pada Sabtu (9/9/2017). (OLI SCARFF/AFP)

Kartu merah Sadio Mane mewarnai laga Manchester City vs Liverpool pada Sabtu (9/9/2017) di Stadion Etihad. Perdebatan seputar netizen terjadi seputar apakah pelanggaran Mane terhadap Ederson layak mendapat kartu merah.

Mane mendapat kartu merah pada menit ke-37 ketika, dalam sprint untuk memperebutkan bola, kakinya naik tinggi dan mengenai kepala kiper City, Ederson, dalam situasi satu lawan satu.

Pandit sepak bola terkemuka dan mantan bek Manchester United, Gary Neville, mengatakan bahwa tidak ada niatan dari Mane untuk mencederai lawan.

Ia bahkan mengkritik wasit John Moss.

"Wasit merusak laga ini. Saya tidak pikir itu merah, matanya fokus ke bola," tutur Neville di Sky.

Komentar Neville itu pun mendapat kritik tajam dari pengamat sepak bola lain di Twitter.

Nah, Laws of the Game sendiri mengatakan ini tentang serious foul play:

"Seorang pemain bersalah melakukan serious foul play apabila menggunakan kekuatan berlebih atau brutalitas kontra pemain lawan ketika memperebutkan bola hidup.

"Tackle yang membahayakan lawan harus dihukum dengan serious foul play.

"Pemain yang melempar diri ke lawan demi mendapatkan bola dari depan, samping, atau belakang menggunakan satu atau dua kaki dengan kekuatan berlebih dan membahayakan keamanan pemain lawan terbukti bersalah melakukan serious foul play.