Jangan Jadikan Joe Hart Kiper Utama Inggris, Southgate!

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Rabu, 4 Oktober 2017 | 04:03 WIB
Kiper Torino dan tim nasional Inggris, Joe Hart, menjalani sesi latihan di St George's Park pada 3 September 2016. (ANTHONY DEVLIN/AFP)

Pelatih tim nasional (timnas) Inggris, Gareth Southgate, sepertinya harus berpikir ulang jika ingin menurunkan Joe Hart sebagai kiper utama tim berjuluk The Three Lions tersebut.

Timnas Inggris akan menghadapi pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Jumat (6/10/2017) dini hari WIB melawan Slovenia.

Sejauh ini, Southgate masih mengandalkan Joe Hart untuk mengisi pos di bawah mistar timnas Inggris selama Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Tak sedikit yang kemudian mengkritik keputusan Southgate untuk mempertahankan Hart sebagai kiper utama melihat performanya di West Ham United yang angin-anginan.

(BACA JUGA: Mengenal Achraf Hakimi, Bek Real Madrid Berusia 18 Tahun Asal Maroko yang Baru Saja Melakukan Debut)

Musim ini di Liga Inggris, statistik penampilan Hart tak bisa dibilang apik.

Menurut catatan Opta yang dilansir BolaSport.com, Hart memiliki rasio penyelamatan terhadap tembakan ke arah gawang yang paling rendah dibanding semua kiper lain di Liga Inggris.

Hart punya rasio penyelamatan sebesar 52 persen, artinya hampir separuh tendangan ke arah gawang West Ham berbuah gol.

Sebenarnya Southgate masih memiliki opsi lain untuk menggantikan Hart menjadi kiper utama.

Ada tiga nama lain yang dipanggil Southgate untuk laga kualifikasi Piala Dunia di bulan Oktober ini, mereka adalah Fraser Forster (Southampton), Jack Butland (Stoke City), Jordan Pickford (Everton).