Sejarah Hari Ini - Bola Pantai Fan Liverpool Jadi Biang Kekalahan The Reds atas Sunderland

By Dimas Wahyu Indrajaya - Selasa, 17 Oktober 2017 | 14:23 WIB
Kiper Liverpool, Pepe Reina tak menyangka laju bola sepakan striker Sunderland, Darren Bent bisa berbelok karena adanya bola pantai masuk ke lapangan. (ANDREW YATES / AFP)

Flashback ke musim 2009-2010, di laga Sunderland versus Liverpool terjadi kejadian kontroversial dalam sejarah persepakbolaan Inggris.

Tepat pada tanggal 17 Oktober 2009 di laga pekan kesembilan Liga Inggris itu, Liverpool sedang mencari asa mencuri tiga poin di Stadium of Light markas Sunderland.

Disaksikan 47 ribu lebih pasang mata, pendukung The Black Cats, julukan Sunderland, dibuat bersorak saat striker mereka Darren Bent langsung membuka keunggulan.

Menerima umpan backheel winger Steed Malbranque, Bent sontak menyepak bola dengan kaki kanan dan sukses membuat kiper Liverpool Pepe Reina kebobolan di menit kelima.

(Baca Juga: Sejarah Hari Ini - Alf-Inge Haaland Anggap Kapten MU Roy Keane Akting Cedera)

Hanya saja bola hasil sepakan Bent bisa masuk ke gawang Reina berkat adanya bola pantai yang masuk lapangan.

Namun sial bagi Liverpool, meski dalam peraturan pertandingan gol tersebut bisa dibatalkan wasit Mike Jones malah membiarkan Sunderland menikmati keunggulan 1-0 yang kemudian bertahan hingga akhir laga.

Lalu siapa yang memasukkan bola pantai merah dengan lambang liverpool itu ke lapangan?

Ternyata pelaku pelemparan bola pantai itu adalah fan Liverpool sendiri, yakni Callum Campbell.

Cambell yang saat itu berusia 16 tahun mengaku sangat menyesal, apalagi gara-gara bola pantai yang ia lempar tim kesayangannya jadi kalah meski mendominasi laga.