Everton Torehkan Rentetan Hasil Buruk, Apa Sebenarnya yang Salah dari Ronald Koeman? Berikut 5 Diantaranya

By Bagas Reza Murti - Senin, 23 Oktober 2017 | 14:28 WIB
Reaksi pelatih Everton, Ronald Koeman, dalam partai Liga Inggris lawan Burnley di Stadion Goodison Park, Liverpool, 1 Oktober 2017. (PAUL ELLIS / AFP)

Kekalahan Everton 2-5 dari Arsenal di Goodison Park pada Minggu (22/10/2017) membuat posisi Ronald Koeman di kursi kepelatihan semakin terancam.

Kekalahan semalam membuat Everton praktis hanya mencicipi 2 kemenangan di Liga. Di Liga Europa bahkan Everton belum merasakan kemenangan sama sekali.

Pasukan Ronald Koeman terdampar di peringkat 18 liga dan berada di zona degradasi.

Walau jor-joran di bursa tranfer musim panas lalu, dan mencatatkan start apik di musim ini, apa sebenarnya yang salah dengan Ronald Koeman sehingga terancam dipecat oleh manajemen The Toffees?

Redaksi BolaSport.com telah merangkum setidaknya 5 hal penyebab turunnya performa Everton musim ini.

1. Formasi Berubah

Musim ini, Ronald Koeman 'terpaksa' mengubah formasi dari musim lalu menyusul absennya Seamus Coleman yang patah kaki.Belum ada pengganti di sisi kanan pertahanan Everton yang sebanding dengan Coleman. Cuco Martina yang mengisi pos ini masih butuh penyesuaian saat bermain dengan formasi 4 bek.

Koeman kerap kali menggunakan formasi tiga bek musim ini, dengan formasi 3-5-2. Musim lalu padahal, Everton menggunakan formasi 4 bek dengan 4-2-3-1, menggunakan Lukaku sebagai target man.

2. Tidak ada Pengganti Romelu Lukaku 


Aksi selebrasi penyerang Everton, Romelu Lukaku, setelah mencetak gol ketiganya ke gawang Sunderland dalam laga Premier League di Stadium of Light, 12 September 2016.(SCOTT HEPPELL/AFP)