Ragnar Klavan Ungkap Rahasia Membaiknya Lini Pertahanan Liverpool

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Selasa, 21 November 2017 | 14:51 WIB
Gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen (kiri), berebut bola dengan pemain Liverpool FC, Jordan Henderson (tengah) dan Dejan Lovren, dalam laga Liga Inggris di Stadion Wembley, London, pada 22 Oktober 2017. (GLYN KIRK/AFP)

Setelah mengalami kekalahan telak 1-4 dari Tottenham Hotspur pada akhir Oktober lalu, lini belakang Liverpool tampak berbenah dan menunjukkan perbaikan.

Dari empat pertandingan terakhirnya di semua ajang, Liverpool berhasil mencetak 13 gol dan hanya kemasukan satu gol saja.

Catatan impresif ini mengundang banyak tanda tanya mengingat pertahanan Liverpool tampak rapuh sejak awal musim.

Mengenai hal ini, bek Liverpool, Ragnar Klavan, memberikan penjelasannya.

(Baca juga: Setelah Ronaldo dan Messi, Siapa Top Scorer Liga Champios Selanjutnya?)

Klavan percaya bahwa perbaikan di lini belakang Liverpool baru-baru ini adalah wujud dari upaya tim secara keseluruhan dan bukan hanya oleh lini pertahanan saja.

"Ini tentang semua upaya tim, dimulai dari atas ke bawah," ujar Klavan seperti dilansir BolaSport.com dari situs resmi Liverpool.

"Anda dapat melihat bahwa setiap orang bertahan bersama-sama dan anda juga dapat melihat selama pertandingan di mana kami tetap kompak."

Pemain asal Estonia itu menambahkan, fokus utama para pemain Liverpool dalam sebuah pertandingan adalah bertahan bersama, mendapatkan bola, dan kemudian mulai menyerang.

Masih menurut Klavan, perbaikan lini pertahanan Liverpool terjadi karena perbaikan taktik dan mentalitas tim.