Apa Alasan Klub Liga Inggris yang Tampil Buruk Sering Menunjuk Pelatih Lokal?

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Jumat, 1 Desember 2017 | 16:44 WIB
Sam Allardyce terpantau menyaksikan laga antara Manchester United dan Fenerbahce di Stadion Old Trafford pada lanjutan Liga Europa, 20 Oktober 2016. (OLI SCARFF/AFP)

Eks pelatih timnas Inggris, Roy Hodgson, membahas fenomena penunjukan pelatih lokal setelah klub-klub Liga Inggris setelah memecat arsitek asing.

Akhir pekan ini akan menjadi debut dua pelatih anyar klub Liga Inggris di klub mereka masing-masing.

Sam Allardyce bersama Everton akan menjamu Huddersfield, sedangkan Alan Pardew dengan West Bromwich Albion akan menjamu Crystal Palace.

Everton dan West Brom musim ini tak bermain apik sehingga harus memecat pelatih mereka terdahulu.

Kemudian, kedua klub ini bukan menunjuk pelatih asal luar Inggris untuk mengambil alih kendali,  melainkan menunjuk dua pelatih asal Inggris yang sudah berpengalaman.

(BACA JUGA: 10 Pemain dengan Jumlah Rata-rata Assist Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Inggris)

Palace yang akan melawan West Brom, juga melakukan hal serupa dengan menunjuk Roy Hodgson setelah memecat Frank de Boer.

Menurut Hodgson, tren penunjukan pelatih asal Inggris bukan tanpa sebab.

"Ini menarik saat klub Liga Inggris mengalami masa buruk, mereka kemudian menunjuk pelatih berpengalaman," ujar Hodgson seperti dilansir BolaSport.com dari Daily Mail.

"Mungkin mereka berharap pengalaman di Liga Inggris tersebut memberikan keuntungan daripada harus mendatangkan pelatih luar negeri yang belum pernah melatih di sini," ujar pelatih berusia 70 tahun itu.