Manchester United Parkir Bus? Pep Guardiola Sudah Temukan Obatnya

By Taufan Bara Mukti - Senin, 4 Desember 2017 | 15:22 WIB
Manajer Manchester City, Josep Guardiola (kanan), memberikan instruksi kepada anak-anak asuhnya dalam laga Liga Inggris kontra Arsenal di Stadion Etihad, Manchester, pada 5 November 2017. (OLI SCARFF/AFP)

Manchester City punya modal berharga untuk menatap derbi Manchester pekan depan, dengan meraih kemenangan 2-1 atas West Ham United pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (3/12/2017).

Meski mengalami kesulitan menembus pertahanan West Ham United di babak pertama, Manchester City akhirnya keluar sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut.

Memang tim asuhan Pep Guardiola itu buntu di babak pertama karena tim lawan bermain ultra-defensive menghadapi formasi offensive 4-3-3 The Citizens.

David Moyes menginstruksikan 8 hingga 9 pemain West Ham untuk menunggu di garis pertahanan sendiri.

Karena penumpukan pemain itu Kevin De Bruyne dan David Silva kesulitan menemukan celah untuk mengirim umpan terobosan ke kotak penalti lawan.


Aksi bek West Ham United, Angelo Ogbonna (tengah), saat menyundul bola yang berbuah gol ke gawang Manchester City dalam laga Liga Inggris 2017-2018 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, pada Minggu (3/12/2017).(OLI SCARFF / AFP)

Dua sayap Manchester City, Raheem Sterling dan Leroy Sane pun terisolir karena tak mendapat banyak ruang di tepi lapangan.

Namun di babak kedua, otak cemerlang Pep Guardiola membuahkan hasil.

Pelatih asal Spanyol itu mengganti Danilo dengan Gabriel Jesus, dan menggeser Fabian Delph ke bek kiri.

Man City pun mengubah formasi dari 4-3-3 menjadi formasi ultra-offensive 4-2-4.