Derbi Merseyside - Gol Wayne Rooney dari Titik Putih Buyarkan Kemenangan Liverpool

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 10 Desember 2017 | 23:14 WIB
Penyerang Everton, Wayne Rooney, melakukan eksekusi tendangan penalti yang berujung gol ke gawang Liverpool di pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (10/12/2017) waktu setempat. (PAUL ELLIS/AFP)

Gol Wayne Rooney di babak kedua membuyarkan kemenangan Liverpool karena laga derbi Merseyside di Stadion Anfield, Minggu (10/12/2017) waktu setempat, harus berakhir dengan skor imbang 1-1.

Kapten Jordan Henderson kembali bermain sejak menit awal setelah diistirahatkan pada laga tengah pekan saat menang 7-0 atas Spartak Moskva di Liga Champions.

Namun, dua pemain inti di lini serang, Philippe Coutinho dan Roberto Firmino dicadangkan.

Sementara itu, dua bek andalan yang sudah kembali pulih, yakni Phil Jagielka dan Michael Keane tidak tampil sebagai starter dan memulai laga dari bangku cadangan.

Meski tidak menurunkan dua pemain penting di atas, Liverpool tetap mampu tampil mendominasi sejak menit pertama.

Bahkan, dalam durasi 20 jalannya laga skuat asuhan Juergen Klopp menguasai 80 persen penguasaan bola.

Kendati demikian, tim berjulukan The Reds hanya memproduksi lima peluang melenceng, sedangkan Everton tidak sekali pun mampu membuat peluang dalam periode tersebut.

(Baca juga: Pep Guardiola: Mengalahkan Jose Mourinho Bukanlah Hal Istimewa!)

Setelah berulang kali melakukan upaya membongkar pertahanan Everton, tim tuan rumah akhirnya bisa membuat peluang jitu pertama sekaligus memecahkan kebuntuan pada menit ke-42.

Tendangan Salah dari dalam kotak penalti ke arah tiang jauh tak sanggup diantisipasi kiper Everton, Jordan Pickford.