Mantan Pemain AS Roma Resmi Calonkan Diri sebagai Kandidat Presiden PSSI-nya Italia

By Putra Rusdi Kurniawan - Jumat, 5 Januari 2018 | 23:47 WIB
Ketua Asisoasi Pesepak Bola Italia, Damiano Tommasi (kanan), saat berbicara kepada wartawan di kantor pusat Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) di Roma, Italia, membahas soal pemecatan Gian Piero Ventura sebagai pelatih timnas Italia pada 15 November 2017. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Mantan gelandang AS Roma, Damiano Tommasi, memastikan diri maju sebagai kandidatt Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Dilansir BolaSport.com dari Football Italia, Damiano Tommasi resmi mencalonkan diri sebagai Presiden FIGC untuk menggantikan Carlo Tavecchio.

Tommasi yang kini menjabat Kepala Asosiasi Pesepak Bola Italia telah disebut-sebut oleh banyak orang sebagai orang yang ideal untuk mengisi posisi tersebut.

Posisi Presiden FIGC saat ini sedang kosong setelah Tavecchio mengundulkan diri beberapa bulan usai timnas Italia gagal melaju ke Piala Dunia 2018.

(Baca Juga: Petr Cech Ungkap Bintang Arsenal yang Bisa Gocek 5 Pemain dalam Sekejap)

Italia gagal ke Piala Dunia usai ditaklukan Swedia di babak play-off.

Tommasi yang bermain untuk AS Roma pada rentang 1996 hingga 2006 mengatakan bahwa dirinya ingin membuat perubahan di pesepakbolaan Italia.

"Keinginan saya untuk aktif menjadi bagian dari perubahan dimulai dari jalan yang telah saya ambil dalam beberapa tahun terakhir," ujar Tommasi.

"Itu mendorong saya untuk menyediakan diri saya untuk sebuah proyek yang tentang berbagi sebanyak mungkin. Hari ini saya ingin menjadi semua orang bersatu untuk sepak bola Italia."

"Hari ini FIGC membutuhkan kesatuan tujuan. Tugas organisasi sekarang adalah memberikan respons yang serius, solid, dan berpikiran maju dari kekalahan Italia atas Swedia."