Kesan-kesan Antonio Conte untuk Teknologi VAR di Laga Chelsea Vs Arsenal

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 11 Januari 2018 | 10:20 WIB
Penyerang Chelsea Alvaro Morata (kanan) dan gelandang Arsenal Jack Wilshere berebut bola dalam partai semifinal Piala Liga di Stamford Bridge, London, 10 Januari 2018. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Pertandingan leg pertama semifinal Piala Liga Inggris antara Chelsea dan Arsenal menjadi ajang uji coba video assistant referee alias VAR di tanah Inggris. Bagaimana pendapat arsitek Chelsea, Antonio Conte, soal teknologi ini?

Chelsea dan Arsenal bermain imbang 0-0 pada pertandingan di Stamford Bridge, Kamis (11/1/2018) tersebut.

Pertandingan itu juga menjadi salah satu penerapan VAR di Inggris.

(Baca Juga: Fakta Baru Soal Insiden Tandukan Zinedine Zidane, Ada Andil Pemain Prancis Lain yang Bikin Zizou Dikartu Merah)

Secara kebetulan, Inggris adalah salah satu liga di Eropa yang belum menggunakan VAR.

Meski tidak ada keputusan kontroversial yang membutuhkan bantuan VAR, Antonio Conte menanggapi positif penggunaan teknologi itu pada laga versus Arsenal.

"Tanggapan saya positif soal teknologi ini. Kalau saya berpikir ada keputusan yang meragukan, memang seharusnya wasit dan asistennya melihat video untuk membuat keputusan," kata Conte, dilansir dari London Evening Standard.

Pelatih asal Italia itu mengatakan kalau VAR akan mengurangi potensi keputusan yang keliru.

"Semua orang pasti ingin ada sedikit kesalahan dalam pertandingan. Teknologi ini bisa berdampak positif. Tentu Anda harus paham bahwa dengan VAR, waktu tambahan akan lebih panjang," kata Conte.

Namun, dia menilai itu konsekuensi yang wajar.