Sejarah Hari Ini, Gol Backheel Memikat Gianfranco Zola

By Dimas Wahyu Indrajaya - Selasa, 16 Januari 2018 | 07:22 WIB
Striker Chelsea asli Italia, Gianfranco Zola (tengah), merayakan gol bersama William Gallas (kanan) usai mencetak gol ke gawang Everton di laga lanjutan Liga Inggris pada 21 April 2002. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Mantan striker Italia Gianfranco Zola adalah pengejawantahan Diego Maradona, seperti itulah penggemar sepak bola pada masa itu menilai dirinya.

Prestasinya memang tak sementereng Maradona, namun Zola memiliki karakteristik yang sama, yakni berbadan mungil, lihai mengolah bola, dan tajam di klub yang ia bela.

Selain julukan Marazola (diambil dari nama Maradona) yang tersemat padanya, Zola juga sering dipanggil The Magic Box oleh suporter dari mantan klubnya, Chelsea.

Julukan tersebut mendarat padanya karena di kotak penalti (box) Zola mampu menyihir (magic) penonton dan lawan dengan golnya.

Membela Chelsea pada periode 1996-2003 Zola mencatatkan 80 gol dalam 312 laga di segala ajang.

(Baca Juga: Sejarah Hari Ini, Gol dari Tengah Lapangan Xabi Alonso Warnai Kemenangan Liverpool)

Lalu manakah yang menjadi gol yang paling dikenang pria kelahiran Pulau Sardinia saat membela Si Biru London?

"Gol paling spektakuler saat itu adalah saat saya mencetak gol backheel melawan Norwich," ucap Zola dikutip BolaSport.com dari laman FIFA.

Kembali pada tanggal 16 Januari 2002, Chelsea menjamu Norwich City di laga Piala FA.

Melawan Norwich perkara muda bagi tim tuan rumah, itu bisa dilihat dari awal laga mereka sudah unggul lewat gol Mario Stanic di menit ke-11'.