Top Scorer Piala Dunia 1986 Bicara Soal Gol Favoritnya Selama Turnamen

By Taufan Bara Mukti - Kamis, 18 Januari 2018 | 16:10 WIB
Gary Lineker berdiri di royal box saat Roger Federer melawan Samuel Groth pada Kejuaraan Wimbledon, 4 Juli 2015. (JUSTIN TALLIS/AFP)

Eks penyerang timnas Inggris yang juga pencetak gol terbanyak pada gelaran Piala Dunia 1986 di Meksiko, Gary Lineker, berbicaranya mengenai gol favoritnya sepanjang turnamen tersebut.

Timnas Inggris tampil kurang meyakinkan di fase grup Piala Dunia 1986.

Ditempatkan di Grup F bersama Maroko, Polandia, dan Portugal, Inggris hanya finis di posisi kedua klasemen akhir.

Namun demikian, Gary Lineker, berhasil menyabet gelar top scorer di turnamen tersebut dengan membukukan enam gol.

 (Baca Juga: Dua Kali Dirayu Juergen Klopp, Wonderkid Jerman Tak Menyesal Pilih Pep Guardiola)

Lineker langsung mencetak hat-trick dalam pertandingan pertama fase grup kala Inggris menghadapi Polandia di mana salah satu dari gol tersebut adalah favoritnya.

"Jika saya harus memilih salah satu dari gol-gol saya di Piala Dunia 1986, saya akan memilih gol pertama saya ke gawang Polandia," kata Lineker seperti dilansir BolaSport.com dari laman resmi FIFA.

"Tanpa gol pertama itu, tak akan ada gol-gol selanjutnya. Saya sempat mengalami paceklik gol bersama Inggris, tapi dengan gol itu kepercayaan diri saya menjadi bangkit."

Lineker menyebut tiga gol itu membuat turnamen menjadi terasa lebih menyenangkan bagi dirinya.

"Saya mencetak hat-trick (ke gawang Polandia) dan tiba-tiba dunia menjadi tempat yang berbeda. Tanpa gol pertama, saya tak akan menjadi top scorer," pungkas pria berusia 57 tahun itu.