Play-Off Piala Dunia 2018 Swedia Vs Italia - Flashback! Penggawa Yellow Vikings Penguasa Serie A

By Dwi Widijatmiko - Kamis, 9 November 2017 | 09:45 WIB
Zlatan Ibrahimovic saat memperkuat Juventus pada selang 2004-2006. (NEW PRESS/GETTY IMAGES)

off kualifikasi Piala Dunia 2018. Partai pertama digelar pada Jumat (10/11/2017) di Solna, Swedia. Laga kedua dilangsungkan tiga hari kemudian di Milan, Italia.

Ada korelasi menarik antara Italia dan Swedia yang sebaiknya diwaspadai Gli Azzurri supaya langkahnya ke Rusia tahun depan tidak terganjal.

Fakta sejarah memperlihatkan bomber asal Swedia adalah yang paling hebat di Serie A Italia! Mereka mencetak paling banyak gol dibandingkan stranieri alias pemain asing dari negara lain.

Fakta itu hanya memperhitungkan koleksi gol dari tiga bomber terbaik setiap negara yang mengirim pemain asing ke Serie A.

Swedia punya Gunnar Nordhal (225 gol), Kurt Hamrin (190), dan Zlatan Ibrahimovic (122). Total ketiganya mencetak 537 gol di Serie A.

(Baca Juga: Kiper Persipura Layangkan Sindiran Soal Keputusan Komdis PSSI)

Jumlah itu hampir 100 gol lebih banyak dari pesaing terdekat Swedia, Argentina. Padahal, Negeri Tango punya bomber-bomber legendaris Serie A macam Gabriel Batistuta, Hernan Crespo, dan Abel Balbo.

Soal koleksi gol di Serie A, tiga bomber terbaik Swedia itu juga mengungguli trio terdepan Brasil, Uruguay, Prancis, dan Belanda.

Kualitas bomber Swedia diakui sendiri oleh salah satu penggawa timnas Italia, Daniele De Rossi.

“Fakta Swedia tidak lagi punya Zlatan Ibrahimovic adalah keuntungan bagi kami. Bahkan saat dia berusia 40 tahun dan kakinya patah, saya tidak mau melawan Ibra,” kata De Rossi.