Andre Silva: Raja Gol di Liga Europa, Pecundang di Serie A

By Dwi Widijatmiko - Senin, 27 November 2017 | 09:51 WIB
Pemain AC Milan, Andre Silva, melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Austria Wien dalam laga Kamis (23/11/2017) (MIGUEL MEDINA / AFP)

Sebuah ironi buat striker AC Milan, Andre Silva. Penyerang asal Portugal itu sangat tajam di Liga Europa 2017-2018, tapi dia hanya menjadi pecundang di Serie A Italia.

Kamis (23/11/2017) di Stadion San Siro, Milan, Andre Silva baru mencetak dua gol saat AC Milan memukul Austria Wien 5-1 di matchday 5 Grup D Liga Europa.

Itu adalah gol keenam Andre Silva sejak fase grup Liga Europa 2017-2018 dimulai.

Dia sekarang berstatus raja gol alias pencetak gol terbanyak di kompetisi itu dengan enam gol, catatan yang sama seperti pemain Zenit St. Petersburg, Emiliano Rigoni.

Rekor Andre Silva di Liga Europa luar biasa. Enam golnya dicetak hanya dalam lima penampilan dan total 405 menit bermain. Pemain berusia 22 tahun itu rata-rata mencetak satu gol setiap 67,5 menit!

(Baca Juga: Bak Prajurit Pulang Perang, Valencia Diiringi Ribuan Suporter Setelah Lawan Barcelona)

Tapi, catatan impresif itu lenyap tak berbekas saat berpindah kompetisi ke Serie A.

Tiga hari setelah mencetak dua gol ke gawang Austria Wien, Andre Silva dipercaya menjadi starter saat AC Milan menjamu Torino pada pekan ke-14 Serie A.

Jangankan gol, Andre Silva bahkan hanya melepas sebiji tembakan dalam penampilan selama 90 menit.

Performa tersebut meneruskan tren buruknya sejauh ini. Eks pemain FC Porto ini belum juga mencetak gol di Serie A walaupun sudah mengoleksi 453 menit bermain.