Andrea Pirlo Bocorkan Rahasia Bagaimana Menjadi Maestro Tendangan Bebas

By Putra Rusdi Kurniawan - Rabu, 29 November 2017 | 00:25 WIB
Andrea Pirlo bersiap menembak bola ke gawang Iker Casillas di laga fase grup Liga Champions kontra Real Madrid, 22 Oktober 2013. (GERARD JULIEN/AFP)

Mantan pemain timnas Italia yang kini sudah pensiun Andrea Pirlo membongkar rahasia keahliaanya dalam mengambil tendangan bebas.

Andrea Pirlo yang memutuskan pensiun tahun ini setelah malang melintang di Liga Italia bersama Juventus dan AC Milan memang terkenal sebagai salah satu maestro tendangan babas.

Pemain yang mengakhiri karir di New York City FC ini tercatat sebagai pemain dengan jumlah gol tendangan bebas terbanyak di Liga Italia bersama dengan Sinisa Mihajlovic dengan 28 gol.

Dilansir BolaSport.com dari L'Equipe, Pirlo mengatakan bahwa dirinya selalu yakin bahwa tendangan bebasnya akan berbuah gol.

Dirinya juga mengatakan bahwa keahlian tendangan bebasnya adalah sebuah bakat.

"Itu cukup hanya menendang bola melewati tembok pemain dan kemudian gol. Dalam sepak bola, seperti dalam kehidupan, selalu ada milimeter yang bisa mengubah keadaan," tegas Pirlo

"Ini adalah takdir, bakat alami yang diberikan orang tua kepada saya. Untuk datang di depan bola, temukan posisi yang tepat sanselalu terasa begitu sederhana bagiku, tapi mungkin tidak untuk orang lain."

(Baca Juga: Andrea Pirlo Ungkap Kesalahan Giampiero Ventura karena Tak Gunakan Formasi Ini)

"Benar-benar alami, saya akan melakukannya tanpa memikirkannya."

Pirlo bahkan mengungkapkan bahwa dirinya sering sudah siap berselebrasi meski bola belum masuk ke gawang.