Hal yang Membuat Zambrotta Menyebut Gennaro Gattuso Mirip Fabio Capello

By Verdi Hendrawan - Rabu, 29 November 2017 | 18:33 WIB
Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, memimpin sesi latihan timnya di Milanello Sports Center, Milan, Italia, pada Selasa (28/11/2017). (AC MILAN)

Keputusan AC Milan menjadikan Gennaro Gattuso sebagai pelatih baru menggantikan Vincenzo Montella mendapat dukungan dari sesama eks pemain Rossoneri (Merah-Hitam), Gianluca Zambrotta.

AC Milan resmi memecat Vincenzo Montella pada Senin (27/11/2017) dan mengangkat Gennaro Gattuso dari tim Primavera untuk melatih tim utama.

Hal ini dilakukan karena dalam 14 pertandingan Liga Italia 2017-2018, AC Milan hanya mampu meraih enam kemenangan dan dua hasil imbang.

Dengan torehan 20 poin, AC Milan duduk di posisi ketujuh klasemen sementara dan semakin tertinggal dari tim-tim di zona Liga Champions yang menjadi target utama mereka musim ini.

Ditunjuknya Gattuso sebagai pelatih baru ini mendapat sambutan dari Zambrotta.

Eks pemain sayap berusia 40 tahun itu mengaku bahwa Gattuso merupakan sosok dengan gaya kepemimpinan yang mirip dengan Fabio Capello.

"Sebagai pelatih, dia telah memiliki pengalaman bersama Pisa, Crete, dan Palermo. Ia adalah sosok yang tidak pernah takut dan itu adalah modal yang bagus sebagai pelatih," ucap Zambrotta kepada La Gazzetta dello Sport.

(Baca Juga: Watford, Klub Paling Dermawan kepada Manchester United)

"Pelatih yang mirip dengan dirinya? Dengan melihat karakter dan cara dia mengelola tim, saya dapat menyebut nama Capello. Keduanya memiliki karisma dan tidak pernah takut mengatakan sesuatu ke wajah Anda," tuturnya.

Meski dipercaya Zambrotta memiliki kualitas sebagai pelatih, tetapi hal tersebut masih belum terlihat di perjalanan karier Gattuso setiap kali menangani tim.