Wojciech Szczesny Emban Tanggung Jawab sebagai Plt Kiper Juventus

By Theresia Simanjuntak - Rabu, 13 Desember 2017 | 20:42 WIB
Kiper kedua Juventus, Wojciech Szczesny, melakukan pemanasan menjelang duel Liga Italia kontra SPAL di Allianz Stadium Turin, 25 Oktober 2017. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Ketika memutuskan pindah ke Juventus pada musim panas 2017, Wojciech Szczesny mengaku banyak yang mempertanyakan tujuannya sebab ia dinilai bakal sulit menggeser Gianluigi Buffon sebagai kiper utama I Bianconeri.

Profil Szczesny boleh saja sesuai dengan kriteria deputi Buffon yang Juve cari, berhubung kiper kedua mereka Neto hengkang ke Valencia.

Juve ingin memiliki kiper nomor dua dengan kualitas nyaris setara dengan kapten mereka, punya jam terbang tinggi di klub sebelumnya.

Saat merekrut Neto pada musim panas 2015, sang penjaga gawang merupakan sosok utama di bawah mistar Fiorentina.

Begitupun dengan Szczesny. Pemain asal Polandia itu pernah lama berstatus kiper utama Arsenal sebelum menghabiskan dua musim bersama AS Roma.

Berbekal resume tersebut, Szczesny bahkan mendapat anggukan dari Buffon.

(Baca Juga: Sejarah Hari Ini, Aksi Pele Putih Sihir Liverpool)

"Saya pikir Juve telah membuat keputusan terbaik sebab, menurut saya, Szczesny menikmati musim yang hebat tahun lalu. Dia mungkin kiper terbaik 2016-2017 atas dasar konsistensi dan penyelamatan yang dibuatnya," kata Buffon pada Juni lalu.

Terlepas dari minat Juve, keputusan Szczesny menerima pinangan Si Nyonya Tua masih meninggalkan tanda tanya meski ada wacana bahwa kiper berusia 27 tahun itu bakal menjadi suksesor Buffon yang berencana pensiun di akhir 2017-2018.

Pasalnya, Piala Dunia 2018 di depan mata. Para pesepak bola umumnya mencari klub yang menjaminkan permainan rutin.