Liga Italia Kalahkan Liga Inggris dan Liga Spanyol Sebagai Kompetisi Paling Kompetitif di Eropa

By Putra Rusdi Kurniawan - Senin, 5 Februari 2018 | 06:53 WIB
Gelandang Napoli, Marek Hamsik (kedua dari kanan), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Benevento dalam laga Liga Italia di Stadion Ciro Vigorito, Benevento, pada 4 Februari 2018. (CARLO HERMANN/AFP)

Liga Italia menjadi kompetisi yang paling kompetitif di antara lima liga papan atas Eropa jika melihat jarak poin antara peringkat satu dan peringkat kedua.

Beberapa musim belakangan Liga Italia tampak membosankan karena dominasi Juventus yang sulit dikejar oleh para pesaingnya.

Namun, musim ini munculnya Napoli yang mampu bersaing dengan Juventus di puncak klasemen membuat kompetisi Negeri Piza ini mulai kompetitif kembali.

Saat ini klub berjulukan Il Partenopei tersebut memuncaki klasemen Liga Italia dengan 60 poin, unggul hanya satu angka dari Juventus di posisi kedua.

Persaingan ketat antara Napoli dan Juventus di puncak klasemen ini yang membuat Liga Italia bisa dikatakan menjadi kompetisi yang paling kompetitif di antara lima liga papan atas Eropa.

(Baca juga: Akhirnya Ada Lagi Pria Inggris yang Cetak Gol di Liga Jerman)

Di empat liga papan atas Eropa lainnya, yaitu Liga Spanyol, Liga Prancis, Liga Inggris, serta Liga Jerman, klub pemuncak klasemen masing-masing memiliki jarak yang cukup jauh dari klub di peringkat kedua.

Di Liga Spanyol, Barcelona yang tak pernah kalah sukses unggul sembilan poin dari Atletico Madrid di peringkat kedua.

Sementara Liga Prancis dan Liga Inggris didominasi dua klub yang dipunyai oleh pemilik asal Timur Tengah, yaitu Paris Saint-Germain dan Manchester City.

Paris Saint-Germain mendominasi Liga Prancis dengan unggul 11 angka dari Olympique Marseille di peringkat kedua.