Lionel Messi Sempurna, tetapi Tidak Sekuat Ronaldo

By Wisnu Nova Wistowo - Rabu, 28 Februari 2018 | 00:07 WIB
Megabintang FC Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Espanyol dalam laga leg kedua perempat final Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada 25 Januari 2018. (LLUIS GENE/AFP)

Kiper utama Juventus, Gianluigi Buffon, memberikan penilaiannya terkait penyerang terbaik yang pernah dihadapinya sepanjang perjalanan karier.

Terkait posisi tersebut Buffon menyebut dua nama, yakni mantan pemain sukses asal Brasil yang pernah bersinar di FC Barcelona, Inter Milan, dan Real Madrid, Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Satu pemain lain, yaitu megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Buffon mengatakan Ronaldo dan Messi sempurna secara kualitas di lapangan.

Namun, menurutnya Ronaldo unggul karena memiliki tendangan lebih bertenaga.

"Saya pikir Ronaldo, Il Fenomeno, saat di Inter luar biasa. Saat itu, kita hampir tidak pernah melihat pemain dengan fisik, tenaga, kecepatan, dan teknik seperti yang dimilikinya," kata Buffon seperti dilansir BolaSport.com dari Mediaset Premium.

"Sekarang, semua kualitas tersebut mungkin dimiliki Messi, meski tak sekuat Ronaldo. Saat itu, Ronaldo benar-benar terlihat seperti alien melawan manusia," ucapnya.

Dari segi pencapaian, Ronaldo paling sukses saat berseragam Madrid karena memenangi dua gelar Liga Spanyol pada 2002-2003 dan 2006-2007.

(Baca Juga: Aturan Anyar Liga Champions Bakal Untungkan 4 Liga Top Benua Eropa)

Kesuksesan terbesarnya dalam karier adalah dengan memenangi dua trofi Piala Dunia pada 1994 dan 2002.