Serie A Singkirkan Premier League dan La Liga sebagai Liga Paling Kompetitif di Eropa

By Aditya Fahmi Nurwahid - Senin, 19 Maret 2018 | 11:26 WIB
Penyerang Lazio, Ciro Immobile (kanan), berusaha merebut bola dari bek Juventus, Daniele Rugani, dalam partai Liga Italia di Stadion Olimpico, Roma, 3 Maret 2018. ( TIZIANA FABI / AFP )

Penggemar Liga Italia mungkin tak sebanyak Liga Spanyol atau Liga Inggris, tapi anda perlu tahu bahwa musim ini, Serie A menjelma menjadi liga paling kompetitif di Eropa.

Bagaimana bisa Liga Italia menjadi liga paling kompetitif di Eropa?

Alasan besar yang menjadikan Serie A sebagai liga paling kompetitif musim ini adalah mengenai persaingan di papan klasemen sementara.

Liga yang baru saja gelar pekan pertandingan ke-29 pada akhir pekan lalu ini memang cukup ketat dibanding empat liga top Eropa lainnya.

Soal perebutan gelar scudetto misalnya, Juventus dan Napoli hanya terpaut dua poin untuk tentukan siapa yang berhak sandang gelar juara musim ini.

(Baca Juga: Bobol Gawang Lawan, Lionel Messi Malah Lakukan Goyang Dribble)

Berbeda dengan Liga Inggris dimana duo Manchester terpaut 16 poin pada pekan ke-31, atau persaingan Barcelona dan Atletico Madrid yang terpaut 11 poin hingga pekan ke-29.

Apalagi dengan superioritas Bayern Muenchen dan Paris Saint-Germain yang berhasil tinggal peringkat kedua liga domestik dengan selisih yang sama, 17 poin.

Tak hanya perebutan gelar, Liga Italia juga suguhkan perebutan tiket Liga Champions musim depan yang direbutkan empat klub.

Keempat tim tersebut adalah AS Roma, Inter Milan, Lazio dan AC Milan.