Apakah Gianluigi Donnarumma Layak Disalahkan atas Kegagalan AC Milan Meraih Coppa Italia?

By Putra Rusdi Kurniawan - Kamis, 10 Mei 2018 | 11:42 WIB
Ekspresi kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, dalam laga final Coppa Italia kontra Juventus di Stadion Olimpico, Roma pada 9 Mei 2018. (ISABELLA BONOTTO/AFP)

Gianluigi Donnaromma meski mencatatkan dua blunder pada laga final Coppa Italia sebenarnya tak layak dijadikan kambing hitam kekalahan AC Milan.

AC Milan harus menerima pil pahit saat dikalahkan Juventus dengan skor 0-4 pada babak final Coppa Italia di Stadion Olimpico Roma, Kamis (10/5/2018) dini hari WIB.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kegagalan Rossoneri meraih gelar juara Coppa Italia ini disebabkan karena Gianluigi Donnarumma.

Kiper 19 tahun ini menjadi kambing hitam kekalahan AC Milan setelah melakukan dua blunder yang berujung gol Douglas Costa (menit ke-61) serta Medhi Benatia (64').

Sedangkan dua gol Juventus lainnya yang diciptakan oleh Medhi Benatia (56') dan bunuh diri Nikola Kalinic (76') melengkapi derita Rossoneri.

Lalu apakah Gianluigi Donnarumma pantas dijadikan kambing hitam atas kekalahan dari Juventus?

(Baca Juga: VIDEO - Hakan Calhanoglu Kena Tekel Keras, Wasit Malah Akhiri Babak Pertama Lebih Awal)

Dari data statistik laga yang diperoleh BolaSport.com dari WhoScored, kubu AC Milan seharusnya justru berterima kasih kepada Donnarumma.

Pasalnya, kiper timnas Italia ini sepanjang laga sukses melakukan tujuh kali penyelamatan.

Jumlah penyelamatan Super Gigio lebih banyak dari Gianluigi Buffon yang mencatatkan enam penyelamatan di bawah mistar gawang Juventus.