Rekapitulasi Liga Italia 2017-2018 - Kota Milan punya Wakil di Liga Champions Setelah Absen 4 Tahun

By Verdi Hendrawan - Senin, 21 Mei 2018 | 04:27 WIB
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, mengangkat trofi Liga Italia seusai melakoni laga pamungkas kontra Hellas Verona di Stadion Allianz, Turin pada 19 Mei 2018. (MARCO BERTORELLO/AFP)

Liga Italia 2017-2018 sudah berakhir setelah merampungkan laga pekan ke-38 pada Minggu (20/5/2018) atau Senin diri hari WIB. Pada pekan pamungkas tersebut, banyak drama yang tercipta.

Pada Liga Italia 2017-2018, Juventus berhasil mempertajam rekor mereka dengan meraih scudetto ketujuh secara berturut-turut.

Kali ini, Juventus meraihnya dengan cara yang tidak semudah musim-musim sebelumnya karena sempat terlibat kejar-kejaran dengan Napoli di puncak klasemen.

Napoli, yang pada musim ini berhasil mengoleksi total 91 poin, menjadi tim pertama yang gagal meraih gelar setelah mampu mengumpulkan lebih dari 90 poin.

(Baca Juga: Jordan Henderson Mengaku Brendan Rodgers Sempat Ingin Menjualnya demi Clint Dempsey)

Persaingan paling menarik di pekan terakhir adalah pertemuan dua tim yang tengah bersaing merebut satu tiket ke Liga Champions musim depan, yaitu Lazio dan Inter Milan di Stadio Olimpico Roma.

Pada pertandingan tersebut, Lazio yang berhasil unggul dua kali harus menerima kenyataan pahit takluk 2-3 pada menit-menit akhir.

Meski Lazio juga mengoleksi 72 poin dan memiliki agresivitas gol lebih baik, Inter Milan berhak duduk di peringkat keempat klasemen karena Liga Italia menganut keunggulan head-to-head untuk menentukan tim mana yang layak duduk di peringkat lebih tinggi jika ada kesamaan poin.

Keberhasilan Inter Milan lolos le Liga Champions musim depan ini membuat Kota Milan kembali memiliki wakil di ajang tertinggi antarklub Eropa itu setelah absen selama 4 tahun.

Terakhir kali ada wakil Kota Milan yang tampil di Liga Champions adalah AC Milan pada 2013-2014.