Apakah Transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus Bakal Melanggar Aturan FFP?

By Kautsar Restu Yuda - Minggu, 8 Juli 2018 | 21:43 WIB
Pemain andalan Real Madrid, Cristiano Ronaldo, merayakan gol keduanya ke gawang Juventus di leg pertama Liga Champions yang berlangsung di Stadion Allianz, Turin, Italia pada 3 April 2018. ( MARCO BERTORELLO/AFP )

 Isu transfer Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus yang diklaim bakal melibatkan mahar senilai 100 juta euro. Apakah biaya yang dihabiskan Juventus bakal membuat mereka melanggar aturan Financial Fair Play?

Financial Fair Play (FFP) menjadi salah satu aturan yang harus dipertimbangkan setiap klub Eropa yang ingin mengeluarkan uang untuk mendatangkan sang pemain idaman.

Biaya transfer yang besar guna mendatangkan pemain anyar kerap kali dikaitkan dengan pelanggaran terhadap aturan FFP.

Pada awal musim lalu, transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) yang menghabiskan 222 juta euro menjadi salah satu transfer yang disorot karena diduga bakal membuat kampiun Liga Prancis melanggar aturan tersebut.

(Baca Juga: Piala Dunia 2018, Turnamen Terbaik bagi Inggris!)

Belum lagi transfer Kylian Mbappe yang bakal dipermanenkan dari AS Monaco oleh PSG pada bursa transfer musim panas 2018 dengan nominal 190 juta euro.

Sejauh ini, PSG belum terbukti melanggar aturan FFP.

Lalu bagaimana dengan salah satu rumor megatransfer pada awal musim ini yang melibatkan Cristiano Ronado, Rea Madrid, dan Juventus?

Menurut laporan Sport yang dikutip BolaSport.com, klub beralias Si Nyonya Tua tidak akan melanggar aturan FFP meski harus merogoh kocek 100 juta euro plus gaji kotor atau sebelum pajak senilai 70 juta euro per tahun.