Ditinggal Marchisio, Skuat Juventus Era Calciopoli Tinggal 1 Orang

By Taufan Bara Mukti - Jumat, 17 Agustus 2018 | 17:35 WIB
Kiper Gianluigi Buffon berpelukan dengan rekan setimnya, Claudio Marchisio, saat meninggalkan lapangan usai tampil pada partai terakhirnya buat Juventus, Sabtu (19/5/2018) di Allianz Stadium Turin. ( Andreas SOLARO / AFP )

Kepindahan Claudio Marchisio membuat Giorgio Chiellini sebagai satu-satunya pemain yang masih bertahan di Juventus sejak 2006.

Pada musim 2006-2007, Juventus mengalami nasib sial karena harus terdegradasi ke Serie B.

Bukan karena finis di posisi tiga terbawah, Juventus turun kasta lantaran tersandung kasus calciopoli atau pengaturan skor.

Skandal tersebut membuat Juventus dihukum degradasi dengan pengurangan sembilan poin di awal musim 2006-2007.

Selain itu, Bianconeri juga harus kehilangan dua gelar scudetto akibat kasus hukum tersebut.

(Baca Juga: Marchisio Hengkang, Luka Modric Merapat ke Juventus?)

Tim Zebra pun ditinggal para pemain bintang seperti Fabio Cannavaro dan Emerson ke Real Madrid, Lilian Thuram dan Gianluca Zambrotta ke Barcelona, dan Patrick Vieira serta Zlatan Ibrahimovic ke Inter Milan.

Namun ada juga beberapa pemain bintang yang bertahan di Juventus setelah terdegradasi ke Serie B yakni Alessandro Del Piero, Gianluigi Buffon, Pavel Nedved, David Trezeguet, dan Mauro Camoranesi.

Satu musim sebelumnya, Claudio Marchisio telah diorbitkan ke tim utama Juventus dari tim akademi dan baru mendapat debut pada musim 2006-2007 oleh pelatih Didier Deschamps.