Cristiano Ronaldo Ungkap Perbedaan Mencolok Sir Alex, Mourinho, dan Zidane

By Sri Mulyati - Minggu, 30 September 2018 | 21:34 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (kanan), melakukan selebrasi bersama Cristiano Ronaldo seusai timnya mengalahkan Liverpool FC dalam laga final Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina pada 26 Mei 2018. ( FRANCK FIFE/AFP )

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, pernah merasakan bekerja sama dengan tiga pelatih top Benua Eropa seperti Sir Alex Ferguson, Jose Mourinho, dan Zinedine Zidane.

Cristiano Ronaldo mampu memenangi liga di bawah asuhan tiga pelatih tersebut.

Ronaldo bahkan pernah memenangi Liga Champions bersama Sir Alex Ferguson di Manchester United dan Zinedine Zidane di Real Madrid.

Kerja sama tersebut membuat Ronaldo bisa mengidentifikasi perbedaan antarpelatih.

Ronaldo menganggap Sir Alex, yang bekerja sama dengannya dari 2003 hingga 2008, sebagai sosok penting dalam perkembangan awal kariernya.

(Baca Juga: Jose Mourinho Permalukan Alexis Sanchez di Hadapan Para Pemain Manchester United)

"Sir Alex mengajari saya bagaimana menaklukkan Liga Inggris karena kompetisi ini sangat tangguh," kata Ronaldo seperti dilansir BolaSport.com dari Mirror.

"Saya sudah pernah bilang beberapa kali bahwa Sir Alex seperti ayah saya di sepak bola karena ia banyak membantu di Manchester United," ujar Ronaldo.

Berbeda dengan Sir Alex, Ronaldo bertemu Jose Mourinho di Real Madrid saat ia sudah berstatus sebagai megabintang sepak bola.

Mereka bekerja sama di Real Madrid dari 2010 hingga 2013 dan Ronaldo tetap memuji Mourinho meski keduanya sempat dikabarkan berselisih paham.