Alasan Julen Lopetegui Panggil Kembali David Villa Gabung ke Timnas Spanyol

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 26 Agustus 2017 | 15:08 WIB
Pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, memberi instruksi kepada anak-anak asuhnya pada laga kontra Italia, Kamis (6/10/2016). (GIUSEPPE CACACE/AFP)

Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, secara mengejutkan memilih untuk memanggil kembali David Villa jelang dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 pada awal September 2017.

Spanyol akan segera menghadapi dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Italia (2/9/2017) dan Liechtenstein (5/9/2017).

Jelang dua laga tersebut, Julen Lopetegui memanggil 26 pemain untuk bergabung dengan skuatnya.

Seperti prediksi semula, Lopetegui bakal mencoret striker Chelsea, Diego Costa, dan menggantikannya dengan penyerang lainnya. Namun, pilihannya justru jatuh kepada David Villa.

Villa sudah tiga tahun tidak menjadi bagian dari skuat timnas Spanyol. Terakhir kali pemain berusia 35 tahun itu membela La Roja pada 23 Juni 2014 menghadapi Australia di Piala Dunia 2014.

Dalam empat tahun terakhir, Villa pun sudah tidak bermain di kompetisi tertinggi Eropa. Ia sempat bermain di A League Australia bersama Melbourne City (2014) dan kini di Major League Soccer Amerika Serikat bersama New York City FC (2015-2017).

Mengenai pemanggilan ini, Lopetegui memiliki alasan tersendiri. Ia yakin eks striker Valencia, Barcelona, dan Atletico Madrid itu bakal berkontribusi besar bagi timnas Spanyol.

Baca Juga: Malaysia Vs Indonesia - Inilah Pemain Timnas Indonesia yang Diwaspadai Timnas Malaysia

"Saya selalu mengatakan bahwa kami tidak pernah menutup pintu bagi siapa pun dan kami selalu memantau perkembangan David Villa," ucap Lopetegui kepada Marca.

"Timnas Spanyol memahami bahwa pada saat ini sangat perlu bagi David Villa untuk kembali bergabung dan kami tahu bahwa dia akan sangat membantu kami," tuturnya.