Bukan Cristiano Ronaldo, Gelandang Inilah yang Jadi Pemain Portugal Paling Berpengaruh di Lima Liga Besar Eropa pada Awal 2017-2018

By Verdi Hendrawan - Selasa, 17 Oktober 2017 | 04:44 WIB
Ekspresi kegembiraan gelandang Valencia, Goncalo Guedes, saat merayakan gol yang ia cetak ke gawang Real Betis dalam laga La Liga Spanyol 2017-2018 di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Spanyol, pada Minggu (15/10/2017). (CRISTINA QUICLER / AFP)

Gelandang Valencia, Goncalo Guedes, hanyalah pemain pinjaman dari Paris Saint-Germain. Namun, pemain berusia 20 tahun itu menjadi yang paling berpengaruh dari Portugal di awal 2017-2018.

Goncalo Guedes disebut sebagai pemain paling berpengaruh di awal musim 2017-2018 karena perannya dalam membantu Valencia dalam mencetak gol.

Dalam enam pertandingan La Liga Spanyol yang telah ia lakoni, Guedes telah membantu Valencia dalam menciptakan lima gol.

Jumlah ini adalah yang tertinggi yang berhasil dicetak pemain asal Portugal di lima liga terbesar Eropa, yaitu Spanyol, Inggris, Italia, Jerman, dan Prancis.

Guedes menciptakan empat assist bagi rekan-rekannya dan satu gol saat Valencia melumat Real Batis pada pekan kedelapan La Liga Spanyol dengan skor 6-3.

Pada laga tersebut, Guedes juga mencetak satu assist untuk gol terakhir Valencia di laga tersebut yang dicetak pemain pinjaman dari Manchester United, Andreas Pereira.

(Baca Juga: Gelandang AC Milan Pertanyakan Keputusan Montella Kembali Terapkan Skema 3-5-2)

Sedangkan tiga assist lainnya yang berhasil dibukukan Guedes di La Liga Spanyol ada di laga kontra Malaga dan dua saat menghadapi Real Sociedad.

Performa menawan ini bisa menjadi titik balik kebangkitan Guedes.

Pasalnya pada paruh akhir musim 2016-2017, tenaganya seakan tidak dibutuhkan oleh PSG sejak didatangkan dari Benfica pada Januari 2017 dengan harga 30 juta euro (sekitar Rp 477 miliar).