Zinedine Zidane Enggan Dukung Cristiano Ronaldo untuk Kalahkan Lionel Messi di Ballon d'Or

By Aulli Reza Atmam - Selasa, 17 Oktober 2017 | 08:53 WIB
Reaksi pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, dalam partai final Liga Champions lawan Juventus di Cardiff, Wales, 3 Juni 2017. (JAVIER SORIANO / AFP)

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menolak terlibat dalam perdebatan mengenai siapa pemain yang layak meraih penghargaan Ballon d'Or 2017.

Salah satu anak asuh Zidane di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, masih menjadi salah satu kandidat kuat untuk meraih penghargaan bagi pemain terbaik dunia yang dipersembahkan oleh France Football itu.

Pesaing utama Ronaldo pun masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu Lionel Messi yang merupakan pemain dari klub rival Real Madrid, FC Barcelona.

Meski demikian, Zidane enggan mengutarakan dukungannya kepada Ronaldo untuk mengalahkan Messi di ajang Ballon d'Or.

(Baca juga: Menginap di Hotel Cristiano Ronaldo, Bonus Trofi Ballon d'Or)

Pelatih asal Prancis itu menilai Ballon d'Or adalah persoalan pemungutan suara terbanyak dan bukan ditentukan oleh dirinya.

"Saya tidak akan menempatkan siapapun di atas podium (untuk menjadi pemenang)" ujar Zidane seperti dikutip BolaSport.com dari Mirror.

"Ballon d'Or adalah soal yang lain lagi, orang-orang memberikan suaranya," pungkasnya.

Pemenang Ballon d'Or memang ditentukan melalui pemungutan suara yang melibatkan para kapten tim nasional, pelatih timnas, media, serta penggemar.

(Baca juga: Curhat Pemain Real Madrid: Kadang Dianggap Tuhan, Kadang Diminta untuk Dibuang)