Ternyata, Ini Rahasia Sukses Para Gelandang Asal Spanyol di Liga-liga Dunia!

By Sri Mulyati - Kamis, 26 Oktober 2017 | 22:25 WIB
Kapten Barcelona, Andres Iniesta, mengangkat trofi Copa del Rey setelah timnya memenangi final kontra Deportivo Alaves di Stadion Vicente Calderon, 27 Mei 2017. (JOSEP LAGO / AFP)

Spanyol dalam beberapa tahun terakhir terkenal menghasilkan gelandang-gelandang kreatif di dunia sepak bola.

Nama-nama seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, dan Isco menjadi bintang lapangan tengah baik di level klub maupun tim nasional.

Tak hanya berjaya untuk klub-klub Liga Spanyol, gelandang Negeri Matador yang merantau ke liga-liga lain pun juga mampu menjadi tumpuan utama klub-klub yang mereka bela.

David Silva jadi andalan Manchester City, Cesc Fabregas jadi motor penggerak serangan di Chelsea, sedangkan Juan Mata menjadi pemain penting di Manchester United.

(Baca Juga: Siap-siap Gigit Jari! Agen Bek Napoli Incaran Barcelona Bicara soal Masa Depan Kliennya)


Gelandang Chelsea, Cesc Fabregas, melakukan selebrasi seusai menjebol gawnag Everton dalam laga di Stamford Bridge, Minggu (27/8/2017)(GLYN KIRK / AFP)

Gelandang Newcastle United asal Spanyol, Mikel Merino, membeberkan rahasia sukses para andalan lini tengah La Furia Roja tersebut.

Menurut Merino, sepak bola di Spanyol tak hanya tentang teknis berlari dan hal-hal yang berkaitan dengan fisik.

"Di Spanyol, sepak bola dipelajari dengan mencoba memainkannya di dalam kepala," ujar Merino seperti dilansir BolaSport.com dari TheGuardian.com.

(Baca Juga: 6 Bintang Manchester United Cedera Saat Tantang Tottenham, Jose Mourinho Bisa Kejutkan Fans!)