Valverde: Liga Spanyol Darurat Teknologi

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 29 November 2017 | 05:09 WIB
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, tersenyum saat berbicara dalam konfrensi pers di Barcelona pada 17 Oktober 2017 menjelang laga Grup D Liga Champions 2017-2018 melawan Olympiacos. (LLUIS GENE/AFP)

Pelatih FC Barcelona, Ernesto Valverde, mengkritik kebijakan penyelenggara Liga Spanyol yang tidak mengandalkan teknologi garis gawang atau video untuk membantu wasit seperti liga-liga besar lain.

Barcelona baru saja menjalani pertandingan kontroversial melawan Valencia di Stadion Mestalla, Minggu (26/11/2017).

Gol pemain bintang mereka, Lionel Messi, dianulir pada pertandingan tersebut.

Laga pun berakhir 1-1.

(Baca juga: Duo Argentina Andalan Mario Gomez di Johor Darul Takzim Ini Kemungkinan Bisa Dibawa ke Persib Bandung)

"Mengherankan bahwa dalam momen sepenting itu, wasit tidak bisa melihat gol yang sah, sementara ada 40.000 orang lain di stadion yang tahu bahwa itu gol yang sah. Setiap tahun selalu ada episode seperti ini," kata Valverde, seperti yang dikutip BolaSport.com dari situs Sport.

Dia pun menunggu momen ketika Liga Spanyol akhirnya menerapkan teknologi VAR alias video assistant referee yang membantu wasit meninjau kembali keputusan-keputusan seperti penalti, gol offside, atau kartu merah.

Sejumlah liga lain seperti Liga Jerman, Liga Italia, dan Liga Portugal sudah mulai menerapkan teknologi tersebut.

FIFA juga sudah mencoba menggunakan VAR pada Piala Konfederasi 2017 dan akan kembali mengaplikasikannya pada Piala Dunia 2018 mendatang.

Adapun Liga Spanyol direncanakan baru akan menggunakan teknologi serupa musim depan.