Barcelona Vs Celta Vigo - Membuktikan Keseimbangan Setelah Ditinggal Neymar

By Sabtu, 2 Desember 2017 | 17:31 WIB
Bek Barcelona, Gerard Pique (kanan), merayakan gol yang dicetak striker Lionel Messi (tengah), saat melawan Espanyol dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2017-2018 di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada 9 September 2017. (LLUIS GENE/AFP)

Celta Vigo menatap kesulitan di dua segi saat datang ke Camp Nou pada Sabtu (2/12). Kelebihan mereka sepertinya tak akan banyak berarti di hadapan FC Barcelona yang berbeda.

Penulis: Christian Gunawan

Celta Vigo cukup produktif musim ini. Hingga pekan ke-13, Iago Aspas cs sudah mengemas 24 gol.

Jumlah itu tiga gol lebih banyak daripada Atletico yang berada di peringkat ketiga dan hanya satu gol lebih sedikit daripada Real Madrid.

Dengan koleksi itu, Celta, yang harus puas dengan posisi kesembilan di klasemen saat ini, hanya kalah subur dari empat klub.

FC Barcelona masih menjadi yang terproduktif dengan 34 gol.

(Baca Juga: Begini Ungkapan Hati Pelatih Bhayangkara FC Saat Melepas Evan Dimas dan Ilham Udin ke Selangor FA)

Hanya, keperkasaan Barcelona musim ini tak cuma soal serangan. Klub Catalonia itu juga yang paling sedikit kebobolan dengan 5 gol saja.

Arsitek anyar musim ini, Ernesto Valverde, memberikan keseimbangan itu justru berkat kepergian seorang bintang. Setidaknya demikian menurut bintang terbesar mereka.

“Kami telah mengubah gaya bermain sejak Neymar pergi. Kami memang kehilangan sejumlah pilihan dalam serangan, tetapi kami menjadi lebih terorganisasi dan menguat dalam hal defensif."