Javier Mascherano: Saya Rela Jadi Bek Tengah demi Senangkan Pelatih Barcelona!

By Taufan Bara Mukti - Rabu, 31 Januari 2018 | 23:49 WIB
Penyerang Real Madrid, Lucas Vazquez (kanan), saat berduel dengan bek FC Barcelona, Javier Mascherano, dalam pertandingan Liga Spanyol 2016-2017 di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, pada 3 Desember 2016. (LLUIS GENE / AFP)

Gelandang veteran asal Argentina, Javier Mascherano, memutuskan untuk meninggalkan Barcelona pada bursa transfer kali ini.

Javier Mascherano mengakhiri masa bakti selama tujuh setengah tahun berseragam merah-biru klub juara Liga Spanyol 24 kali itu.

Didatangkan dari Liverpool pada 2010, Mascherano berstatus sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik.

Namun, seiring berjalannya waktu, dia mulai tergeser dari posisi aslinya.


Pemain FC Barcelona, Javier Mascherano (kiri), beraksi dalam laga Liga Spanyol kontra Girona di Stadion Montilivi, Girona, pada 23 September 2017.(JOSEP LAGO/AFP)

Eks pemain River Plate itu kalah bersaing dengan Sergio Busquets, yang merupakan pemain didikan akademi Barcelona alias La Masia.

Akibatnya, Javier Mascherano lebih sering bermain di posisi bek tengah atau malah duduk manis di bangku cadangan.

Soal dimainkan sebagai bek tengah, Mascherano mengakui dirinya terpaksa melakukan hal itu.

"Saya ingat pertama kali dimainkan sebagai bek tengah, kala itu melawan Shakhtar Donetsk di Liga Champions," ucap Mascherano seperti dilansir BolaSport.com dari ESPN.

"Saya tak menduga akan dimainkan. Namun, Pep Guardiola mengumumkan susunan pemain dan saya menjadi bek tengah. Padahal, kami tak pernah merencanakan hal itu sebelumnya," tutur dia menambahkan.