Kunci Kebangkitan Spanyol sebagai Kiblat Sepak Bola Dunia adalah Piala Eropa 2008

By Verdi Hendrawan - Kamis, 19 April 2018 | 23:52 WIB
Direktur Olahraga Atletico Madrid, Jose Luis Caminero , pada konferensi pers International Champions Cup 2018 (ICC) di Singapura, Selasa, 17 April 2018. (THERESIA SIMANJUNTAK /BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM – Tim nasional Spanyol selalu menjadi tim favorit untuk menjadi juara di setiap ajang internasional yang mereka ikuti.

Namun, baru satu dekade terakhir tim berjulukan La Roja itu menjadi tim yang sangat diperhitungkan, termasuk di ajang sebesar Piala Dunia.

Spanyol memang memiliki sejarah panjang sebagai salah satu negara penghasil pemain sepak bola berkualitas di dunia.

Dari masa ke masa, timnas Spanyol selalu memiliki skuat bermaterikan para pemain berkelas dunia di setiap lini.

Anehnya, baru pada Piala Dunia 2010, negara di Semenanjung Iberia itu berhasil menjadi juara dunia.

(Baca Juga: Mourinho Sebut 3 Pemain Manchester United yang Pasti Tampil di Semifinal Piala FA)

Kendati cukup mengherankan, hal tersebut tidak berlaku di mata mantan gelandang Atletico Madrid dan anggota timnas Spanyol, Jose Luis Caminero.

Sosok yang kini menjabat sebagai Direktur Olahraga Atletico Madrid itu mengatakan bahwa para pemain Spanyol saat ini memiliki motivasi dan tekanan yang berbeda dari para pemain dari era sebelumnya.

Caminero mengatakan bahwa kunci kebangkitan sepak bola negaranya menjadi salah satu kiblat sepak bola dunia terjadi setelah berhasil menjuarai Piala Eropa 2008.


Kapten Spanyol, Iker Casillas, mengangkat trofi Euro 2008 setelah diberikan oleh Presiden UEFA Michel Platini seusai Spanyol mengalahkan Jerman di Stadion Ernst-Happel, 29 Juni 2008.(OLIVER LANG/AFP)