Siapa Pelatih Terbaik Barcelona Versi Andres Iniesta? Ini Jawabannya!

By Aditya Fahmi Nurwahid - Sabtu, 28 April 2018 | 15:55 WIB
Pep Guardiola (kiri) dan Andres Iniesta dalam sesi latihan FC Barcelona di UCLA, Los Angeles, Kalifornia, 30 Juli 2009. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Hari Jumat (28/4/2018) menjadi hari penuh haru bagi pemain-pemain klub raksasa Spanyol, Barcelona, terkhusus bagi sang kapten, Andres Iniesta.

Bertempat di Joan Gamper Sports Center, Andres Iniesta menggelar konferensi pers mengenai masa depannya bersama Barcelona.

Pemain yang akan pijak usia 34 tahun pada bulan Mei ini memutuskan untuk hengkang dari skuat Blaugrana pada akhir musim 2017-2018.

"Konferensi pers ini adalah untuk membuat keputusan ke publik bahwa musim ini adalah yang terakhir (bersama Barcelona). Ini adalah musim terakhir saya di sini," ucap Andres Iniesta saat konferensi pers.

"Ini adalah keputusan yang tepat bagi saya. Saya mengerti bahwa setelah 22 tahun di sini (sejak berusia 12 tahun) saya tahu apa artinya menjadi pemain di tim ini (Barcelona), bagi saya tim ini terbaik di dunia," kata Iniesta menambahkan.


Kapten FC Barcelona, Andres Iniesta, melakukan jumpa pers sambil berlinang air mata di Joan Gamper Sports Center, Barcelona, 27 April 2018. Iniesta mengumumkan pengunduran diri sebagai pemain Barcelona pada akhir musim ini.(PAU BARRENA/ AFP)

(Baca Juga: Menghilang di Acara Perpisahan, Lionel Messi Tetap Dapatkan Pujian dari Andres Iniesta)

Satu hal yang menarik dari sudut pandang Andres Iniesta terungkap saat konferensi pers berlangsung.

Pada saat berhadapan dengan media, Iniesta ditanyai mengenai "siapa pelatih terbaik Barcelona yang pernah memimpin anda?"

Pilihan tersebut terlihat cukup sulit, mengingat sejak laga debutnya pada Oktober 2002, sang pemain telah dilatih oleh banyak sosok-sosok hebat.