Madrid Akan Jadi Ibu Kota Sepak Bola Eropa Jika Bisa Pecahkan Rekor Berusia Seperempat Abad

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Sabtu, 5 Mei 2018 | 16:43 WIB
Dua pemain Real Madrid, Lucas Vazquez dan Luka Modric, merayakan bersama-sama kesuksesan timnya lolos ke final Liga Champions 2018 usai menyingkirkan Bayern Muenchen di semifinal dengan agregat 4-3, pada 1 Mei 2018. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Tinggal dua langkah lagi sebelum Kota Madrid, Spanyol, membuat sejarah dan menahbiskan diri sebagai ibu kota sepak bola Eropa.

Akhir musim ini, akan ada dua tim asal Madrid yang berlaga di partai final kompetisi Eropa.

Pertama, Atletico Madrid akan melawan Olympique Marseille pada 16 Mei mendatang demi mendapatkan gelar Liga Europa.

Selang 10 hari, Real Madrid akan ditantang Liverpool guna memperebutkan status juara Liga Champions.

Jika kedua tim asal Madrid itu menang, ini akan jadi kedua kali dalam sejarah dimana ada dua tim satu kota yang memenangi dua gelar Eropa di musim yang sama.

Pertama dan terakhir kali hal tersebut terjadi adalah saat dua tim asal Milan memenangi dua kompetisi Eropa pada tahun 1994 atau 24 tahun lalu.

Saat itu AC Milan memenangi Liga Champions dan Inter Milan mendapatkan gelar Piala UEFA.


Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa (kiri), merayakan gol yang dicetak ke gawang Arsenal dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol pada 3 Mei 2018.(PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

Sayang, Milan dan Inter tak bersua dalam partai Piala Super Eropa awal musim berikutnya karena saat itu UEFA belum membuat kompetisi tersebut.

Jika musim ini terjadi, maka Piala Super Eropa musim depan akan jadi yang pertama di mana kedua tim berasal dari satu kota.