Real Madrid dan Barcelona Dukung Digelarnya Super Club World Cup meski Ditentang UEFA

By Putra Rusdi Kurniawan - Selasa, 15 Mei 2018 | 16:50 WIB
Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), mencoba menghentikan pergerakan Lionel Messi dari FC Barcelona dalam laga el clasico di Stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, 3 Desember 2016. ( JOSEP LAGO / AFP )

Dua raksasa Eropa yaitu Real Madrid dan Barcelona mendukung FIFA untuk menyelenggarakan Super Club World Cup.

FIFA kini tengah menggodok proposal mengenai penyelenggarakan Super Club World Cup.

Turnamen ini rencanannya akan mulai dilangsungkan pada 2021 dan akan diikuti oleh 24 klub terbaik di dunia.

24 klub tersebut terdiri dari 12 klub dari Eropa, empat sampai lima klub dari Amerika Selatan serta dua klub masing-masing dari Asia, Amerika Utara dan Afrika.

Sedangkan klub wakil dari Oseania hanya diberikan satu jatah dan itu harus melalui babak play-off menghadapi klub dari Amerika Selatan.

Super Club World Cup rencananya akan digelar dalam empat tahun sekali dan akan menggantikan gelaran Piala Konfederasi dan Piala Dunia Antarklub.

(Baca juga:The Jak Wajib Tahu, Ini Aturan Koreografi untuk Laga Piala AFC 2018, kala Persija Jamu Home United)

Dikutip BolaSport.com dari Marca, dua raksasa Liga Spanyol yaitu Real Madrid dan Barcelona dikabarkan mendukung terselenggaranya Super Club World Cup.

Namun organisasi tertinggi sepak bola Eropa yaitu UEFA, justru mengkritik cara FIFA mencari dukungan mengenai Super Club Word Cup.

Dikutip BolaSport.com dari New York Times, UEFA tidak suka FIFA bertemu beberapa klub Eropa untuk mencari dukungan terkait Super Club World Cup.