Barcelona Habiskan Rp 8,4 Triliun untuk Beli Para Bintang Brasil

By Kautsar Restu Yuda - Sabtu, 28 Juli 2018 | 20:54 WIB
Neymar merayakan gol Philippe Coutinho ke gawang Kosta Rika pada pertandingan penyisihan Grup E Piala Dunia 2018 di Stadion Petersburg, St. Petersburg, Jumat (22/06/2018) (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM/TABLOID BOLA)

Barcelona begitu akrab dengan pemain bertalenta asal Brasil. Total 22 pemain sudah pernah didatangkan ke Camp Nou hingga menghabiskan 500 juta euro atau Rp 8,4 triliun.

Barcelona dalam bursa transfer 2 musim terakhir mendatangkan beberapa bintang asal Brasil.

Ada nama Philippe Coutinho, Arthur Melo, Malcom de Oliviera, Marlon Santos, dan Paulinho yang diperkenalkan sebagai rekrutan anyar dari Negeri Samba.

Sejak kedatangan Romario da Souza pada musim 1993-1994 hingga yang teranyar Malcom pada musim ini, Barcelona sudah menghabiskan total 500 juta euro atau Rp 8,4 triliun.

Dengan nominal itu, Blaugrana berhasil melabuhkan 22 pemain.

Philippe Coutinho menjadi yang termahal setelah didatangkan dari Liverpool dengan banderol 120 juta euro pada Januari 2018.

Pemain yang sudah hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG), Neymar menjadi yang termahal kedua berkat mahar 88 juta euro saat direkrut dari Santos pada 2013.

(Baca Juga: Media Spanyol Bocorkan 5 Pelatih yang Tolak Real Madrid Sebelum Tunjuk Lopetegui)

Pemain paling gres Barca, Malcom, dibeli dengan tebusan 41 juta euro menjadi pembelian termewah ketiga dalam sejarah bintang Brasil di Catalan.

Hanya berselisih 1 juta euro dari harga Malcom, gelandang yang balik kucing ke Guangzhiou Evergrande, Paulinho, ada di urutan keempat.