Jan Oblak: Penghargaan dan Perhatian Terhadap Kiper Membaik

By Anggun Pratama - Senin, 6 Agustus 2018 | 19:17 WIB
Jan Oblak, dalam wawancara eksklusif dengan Bolasport.com di Hotel Mandarin Oriental, Singapura (28/7/2018). (ANGGUN PRATAMA/BOLASPORT.COM)

 Jan Oblak mengakui kini posisi penjaga gawang mulai mendapat penghargaan dan perhatian yang layak. Salah satu indikasinya adalah dengan tren menaiknya harga penjaga gawang.

Oblak tak salah. Di 2017-2018, Benfica melepas Ederson Moraes ke Manchester City dengan harga 40 juta euro.

Berselang semusim, Liverpool membeli Alisson Becker dari AS Roma dengan harga 62,5 juta euro. Nilai itu menjadikan Alisson sebagai penjaga gawang termahal dunia.

Oblak pun dilabeli harga transfer sebesar 100 juta euro atau sekitar 1,66 triliun rupiah oleh Atletico Madrid bila ada klub yang ingin membelinya.

Indikasi peningkatan penghargaan dan apresiasi tersebut membuat Oblak senang.

(Baca juga: Debut Marcelo Bielsa, Leeds United Kejutkan Tim Favorit)

"Ya, sepertinya begitu. Sekarang kiper mulai mendapatkan pengakuan setara dengan pemain-pemain lain. Dulu kondisinya tak begitu," kata Oblak kepada Bolasport.com.

Bolasport.com mendapat wawancara eksklusif dengan Oblak pada Sabtu (28/7/2018) di Hotel Mandarin Oriental, Singapura, tempat skuat Atletico Madrid menginap.

Atletico berada di tengah rangkaian ajang International Champions Cup 2018 di Singapura.

"Kiper sekarang merupakan bagian tak terpisahkan dalam permainan tim. Sepak bola kini membutuhkan kiper terlibat dalam permainan, membangun serangan dari belakang, bukan cuma menghentikan tembakan," ujar Oblak lagi.