Pep Guardiola Ternyata Punya Rencana Kembali ke Barcelona

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 13 September 2018 | 10:59 WIB
Ekspresi manajer Manchester City, Pep Guardiola, dalam pertandingan pembuka Liga Inggris 2018-2019 menghadapi Arsenal di Stadion Emirates, London, Inggris, pada 12 Agustus 2018. ( GLYN KIRK / AFP )

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, ternyata sudah memiliki wacana untuk kembali ke Barcelona sebelum memutuskan mengakhiri perjalanan karier sebagai pelatih dengan menangani tim B.

Pelatih berusia 47 tahun ini merupakan sosok yang mengawali karier emas sebagai juru taktik dengan membesut FC Barcelona B pada 2007 sebelum menjadi pelatih Lionel Messi dkk pada tahun berikutnya.

Ia mendapatkan kesempatan melatih tim utama Barcelona setelah kepergian Frank Rijkaard.

Bersama tim berjulukan Blaugrana, Guardiola sukses memenangi tiga gelar Liga Spanyol, dua trofi Liga Champions, dan dua Piala Dunia Klub selama empat tahun di Camp Nou.

(Baca Juga: Carlos Tevez Ungkap Perbedaan Mencolok Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Sesi Latihan)

Meski masih tergolong pelatih muda dan masih memiliki perjalanan panjang sebagai pelatih, namun Guardiola ternyata telah berpikir jauh ke depan di saat kariernya telah memasuki masa senja.

"Saya akan mengakhiri semuanya di tempat saya memulai. Langkah akhir saya akan bersama tim muda," kata Guardiola seperti dikutip BolaSport.com dari FourFourTwo.

"Semoga, tim tersebut adalah Barcelona B," ucapnya.

Sebelumnya menepis kemungkinan kembali ke Camp Nou untuk melatih tim utama Barcelona.