Barcelona Susah Menang atas Cultural Leonesa, Gara-gara Ernesto Valverde?

By Verdi Hendrawan - Jumat, 2 November 2018 | 06:33 WIB
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, saat pertama kali diperkenalkan pihak klub kepada media sebagai nakhoda baru Blaugrana pada Senin (29/5/2017). ( TWITTER @FCBARCELONA )

Barcelona mengawali kiprahnya di ajang Copa del Rey 2018-2019 dengan kemenangan setelah sukses menekuk Cultural Leonesa pada leg 1 babak 32 besar.

Pada laga yang digelar di Estadio Municipal Reino de Leon, Rabu (31/10/2018) atau Kamis dini hari WIB itu, Barcelona berhasil meraih kemenangan 1-0.

Kemenangan tersebut didapat secara susah payah dan baru didapat berkat gol larut Clement Lenglet pada menit ke-90+1.

Selain disebabkan oleh menurunkan skuat berisi para pemain pelapis, sulitnya Barcelona meraih kemenangan pada pertandingan ini juga dipercaya disebabkan oleh rekor buruk milik pelatih mereka, Ernesto Valverde.

Meski sukses mengantarkan Barcelona menjadi kampiun pada Copa del Rey 2017-2018, Ernesto Valverde sering kali kesulitan meraih kemenangan di sepanjang karier, terutama pada laga-laga leg pertama.

Dalam 23 pertandingan leg pertama di ajang Copa del Rey yang pernah dilakoni pada sepanjang karier kepelatihannya, Ernesto Valverde hanya meraih 9 kemenangan.

Sementara 8 pertandingan lainnya berakhir imbang dan 6 sisanya berujung dengan kekalahan.

Dengan kata lain, persentase kemenangan Ernesto Valverde pada laga leg pertama di ajang Copa del Rey hanya sebesar 39,1 persen saja.

Bahkan pada 2017-2018, di mana Ernesto Valverde sukses mengantarkan Barcelona meraih gelar juara, Ernesto Valverde hanya meraih 2 kemenangan serta masing-masing satu kali imbang dan kalah pada laga leg pertama.