Hasil Undian Liga Champions - Inilah Grup Paling Maut Menurut Peringkat Versi UEFA

By Beri Bagja - Jumat, 25 Agustus 2017 | 00:59 WIB
Cuplikan duel pemain Real Madrid dan Borussia Dortmund dalam partai fase grup Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 7 Desember 2016. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Hasil undian fase grup Liga Champions 2017-2018 telah diketahui pada Kamis (24/8/2017). Terungkap pula grup paling berat yang muncul berdasarkan hasil drawing di Grimaldi Forum, Monako, tersebut.

Setidaknya ada tiga-empat grup yang bisa dikategorikan sebagai kelompok neraka.

Kumpulan tersebut adalah di Grup B, C, D, serta Grup H.

Tanpa bermaksud mengerdilkan peluang kontestan lain, sepertinya Juventus dan FC Barcelona akan superior atas Olympiacos dan Sporting CP di Grup D.

Begitu pun Bayern Muenchen dan Paris Saint-Germain yang paling mentereng dibandingkan Anderlecht dan Celtic FC di Grup B.

(BACA JUGA: 5 Hal Penting yang Harus Anda Ketahui tentang Pengundian Babak Grup Liga Champions)

Di Grup C, tim debutan Qarabag terselip sebagai klub paling tidak diunggulkan dalam kepungan tiga raksasa: Chelsea, Atletico Madrid, dan AS Roma.

Grup H lebih panas karena mempertemukan juara bertahan, Real Madrid, dengan Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur, serta APOEL.

Kelompok tersebut sahih pula dijuluki grup paling maut karena memiliki angka tertinggi menurut jumlah gabungan koefisien klub yang tergabung di dalamnya.

Koefisien itu adalah sistem pemeringkatan klub menurut UEFA. Jika digabungkan, total koefisien peserta di Grup H adalah 405,3.