Kalahkan Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur Pastikan Juara Grup H

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 22 November 2017 | 05:06 WIB
Pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min (tengah), melewati hadangan bek Borussia Dortmund, Dan-Axel Zagadou (kanan) dan kiper Roman Buerki saat kedua tim bertemu pada pertandingan Liga Champions Grup H di Stadion BVB, Dortmund, Selasa (21/11/2017) waktu setempat alias Rabu dini hari WIB. (JOHN MACDOUGALL/AFP)

 Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, memastikan diri menjadi juara Grup H Liga Champions setelah menang 2-1 melawan Borussia Dortmund pada matchday 5 di Stadion BVB, Dortmund, Selasa (21/11/2017) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB

Bertandang ke kandang Dortmund, Spurs menghadapi tim yang hampir tidak punya kans lolos ke babak 16 Besar.

Karena itu, tuan rumah pun langsung menekan.

Pierre-Emerick Aubameyang sempat mengancam gawang Tottenham pada menit ke-19 setelah menerima umpan Andriy Yarmolenko.

Lepas dari kawalan bek-bek Spurs, Aubameyang berdiri tanpa terjaga di kotak penalti. Namun, dia gagal menaklukkan Hugo Lloris lewat sepakan jarak dekatnya.

(Baca Juga: Siapa Pengganti Indra Sjafri di Timnas U-19? Ini Jawaban PSSI)

Tottenham pun tidak mau kalah mengancam lewat pergerakan Son Heung-min. Apes bagi pemain asal Korea Selatan tersebut, dia gagal menaklukkan bek Dortmund, Jeremy Toljan, yang mengawalnya.

Borussia Dortmund akhirnya unggul pada menit ke-30. Bermula dari umpan Raphael Guerreiro yang diteruskan oleh Yarmolenko via operan dengan tumitnya.

Aubameyang berhasil lolos dari jebakan offside pertahanan Spurs dan mengirim tembakan yang tidak terhalau oleh Hugo Lloris.

Christian Eriksen nyaris menyamakan peluang pada menit ke-39 setelah dia menyambut umpan silang Son di area kotak penalti tuan rumah.