Brasil adalah Raja Liga Champions yang Sesungguhnya

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Rabu, 22 November 2017 | 10:15 WIB
Aksi gelandang AC Milan, Kaka, dalam laga kontra Liverpool pada final Liga Champions 2005 di Istanbul (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Gol dari bek FC Porto asal Brasil, Felipe, mewarnai hasil imbang 1-1 saat tim asal Portugal tersebut bertandang ke markas Besiktas pada laga matchday kelima Liga Champions, Rabu (22/11/2017) dini hari WIB.

Felipe berhasil mencetak gol pada menit ke-29 sebelum kemudian Besiktas membalas melalui Anderson Talisca empat menit jelang turun minum.

Dari sejarah penyelenggaraan Liga Champions, Felipe menjadi pemain ke-200 asal Brasil yang berhasil mencetak gol pada kompetisi kasta teratas antar klub di benua Eropa tersebut.

Menurut Bleacher yang dilansir BolaSport, Brasil adalah negara pertama yang mamiliki 200 pencetak gol berbeda di Liga Champions.

(BACA JUGA: Sudah Setahun Sevilla Tak Kalah di Kandang, Pantas Saja Liverpool Gagal Menang)

Hal ini bisa terbilang aneh mengingat Brasil bukanlah bagian dari benua Eropa, namun para pemainnya merajai kompetisi tertinggi disana.

Pemain asal Brasil yang paling banyak mencetak gol di Liga Champions adalah mantan gelandang AC Milan dan Real Madrid, Kaka.

Kaka mencetak 30 gol dari 86 laga, termasuk saat ia menjadi top scorer Liga Champions dengan 10 gol pada musim 2006-2007 sekaligus membawa timnya saat itu, AC Milan, juara.

Setelah Kaka, ada nama Rivaldo yang berhasil mencetak 27 gol dari 73 penampilan.

Sedangkan pemain Brasil yang saat ini masih aktif dengan catatan gol terbanyak adalah Neymar dengan torehan 25 gol dari 44 pertandingan.