Wajib Tahu! Inilah 5 Aturan Baru Liga Champions Musim Depan

By Sri Mulyati - Selasa, 27 Maret 2018 | 18:13 WIB
Trofi Liga Champions dipajang pada acara undian perempat final Liga Champions 2017-2018 di markas UEFA di Nyon, Swiss, Jumat (16/3/2018). (FABRICE COFFRINI/AFP)

Asosiasi Sepak Bola Benua Eropa (UEFA), mengumumkan peraturan baru untuk kompetisi level klub mereka, Liga Champions dan Liga Europa untuk musim 2018-2019.

Peraturan baru tersebut mencakup perubahan waktu sepak mula, jumlah pemain cadangan, dan pemasangan badge khusus di jersey peserta.

Beberapa peraturan baru ini akan memudahkan para pelatih, meski para penonton setia wajib beradaptasi lagi terutama dalam perubahan waktu.

Berikut lima aturan baru Liga Champions dan Liga Europa musim 2018-2019:

1. Jumlah pemain pengganti


Wissam Ben Yedder merayakan gol bersama rekannya setelah menjebol gawang Manchester United dalam partai Liga Champions di Old Trafford, 13 Maret 2018.(OLI SCARFF / AFP)

UEFA mengadopsi sistem yang sempat diterapkan oleh Piala FA, yaitu memperbolehkan empat pergantian pemain jika pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu.

Pertandingan dalam waktu 90 menit normal tetap hanya boleh memakai tiga pemain pengganti, tetapi jika lebih dari itu, pergantian keempat diperbolehkan.

(Baca Juga: Cristiano Ronaldo Dikantongin Bek 18 Tahun Incaran Barcelona)

2. Jumlah pemain di bangku cadangan