Jika Kutukan di Liga Champions Berlanjut, Real Madrid Pasti Lolos ke Final

By Verdi Hendrawan - Selasa, 1 Mei 2018 | 14:09 WIB
Bek sayap Real Madrid, Marcelo, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Bayern Muenchen pada laga leg pertama semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Rabu (25/4/2018) waktu setempat. ( ODD ANDERSEN / AFP )

Peluang Bayern Muenchen untuk lolos ke final Liga Champions 2017-2018 masih terbuka lebar. Namun, ada satu kutukan di turnamen terbesar klub-klub Eropa itu yang membuat Die Rotten harus waspada.

Pada pertandingan leg 1 semifinal antara Bayern Muenchen kontra Real Madrid yang digelar di Stadion Allianz Arena, Rabu (25/4/2018), tuan rumah takluk 1-2.

Sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Joshua Kimmich, Bayern Muenchen harus mengakui keunggulan Real Madrid akibat gol-gol dari Marcelo Vieira dan Marco Asensio.

Meski hanya kalah 1-2, peluang Bayern Muenchen untuk lolos ke final musim ini terbentur oleh sebuah kutukan yang sudah berlangsung sejak awal era Liga Champions sejak 1992-1993.

(Baca Juga: Pimpin Laga Tottenham Vs Watford, Wasit Kontroversial Ini Kembali Dicaci Netizen)

Kutukan tersebut adalah tidak ada tim yang mampu membalikkan keadaan setelah mengalami kekalahan 1-2 pada leg 1 yang digelar di kandang sendiri pada fase gugur.

Sepanjang sejarah, ada 6 tim yang pernah mengalami kekalahan 1-2 di laga kandang pada leg 1 dan harus tersingkir setelah memainkan pertandingan kedua.

Jika kutukan ini terus berlanjut, artinya Real Madrid akan lolos ke final Liga Champions untuk kali ketiga secara berturut-turut dan juga berpeluang kembali memecahkan rekor dengan meraih gelar ketiga dalam tiga tahun terakhir.

(Baca Juga: Masih Belum Menyerah, Sandy Walsh Kembali Kirim Kode Ingin Bela Timnas Indonesia?)

Berikut tim-tim yang pernah mengalami kekalahan 1-2 di laga kandang pada leg 1 dan gagal melangkah ke fase berikutnya di Liga Champions: