Mengapa Liverpool Bisa Kalahkan Real Madrid di Liga Champions?

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Kamis, 24 Mei 2018 | 00:43 WIB
Manajer Liverpool, Juergen Klopp, bersama pemain Liverpool mengucapkan terima kasih kepada suporter seusai pertandingan lanjutan Premier League melawan West Bromwich Albion, Minggu (13/12/2015) ( OLI SCARFF / AFP )

Intensitas tinggi Liga Inggris ditambah keberadaan Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah, disebut mampu membuat Liverpool juarai Liga Champions.

Eks pelatih Liverpool, Rafael Benitez yakin bahwa Mohamed Salah dkk mampu memenangi laga kontra Real Madrid dalam final Liga Champions, Sabtu (26/5/2018).

Benitez yang antarkan Liverpool juara Liga Champions pada 2005 menilai, skuat asuhan Juergen Klopp saat ini lebih baik daripada ketika ia melatih.

"Dahulu kami memiliki Steven Gerrard, kami pun memiliki Xabi Alonso dan Dietmar Hamann. Jelas, mereka pemain berpengalaman dan berkualitas," ucap Benitez kepada surat kabar Inggris, dilansir BolaSport.com dari laman Four Four Two.

"Kami memiliki pemain-pemain pekerja keras, namun kami juga (memiliki skuat) sangat berimbang," ucap pelatih Newcastle United itu.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)


Manajer Newcastle United, Rafael Benitez, tiba di Stadion John Smith's untuk menghadapi Huddersfield Town dalam laga Liga Inggris pada 20 Agustus 2017.(ANTHONY DEVLIN/AFP)

Namun, yang membedakan Liverpool semasa ia melatih dengan era Klopp adalah keberadaan trio Firmansah (Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah) yang terkenal reputasinya di seluruh Eropa.

"Kini, Liverpool juga tak kalah berimbang, tapi tiga pemain lni depan yang mereka miliki dapat membuat perbedaan nyata pada permainan mereka," kata pelatih 58 tahun.

Pria kelahiran Madrid itu juga mengatakan bahwa intensitas tinggi di Liga Inggris yang membuat mentalitas dan pengalaman pemain klub Inggris teruji menghadapi klub-klub dari liga lain.