Sejarah Hari Ini - Gol Eks Pelatih Timnas Indonesia Berbuah Trofi Liga Champions 1982

By Dimas Wahyu Indrajaya - Sabtu, 26 Mei 2018 | 07:39 WIB
Striker Aston Villa, Peter Withe, memegang trofi juara Liga Champions usai timnya mengandaskan perlawanan Bayern Muenchen dengan skor 1-0 di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda. (BIRMINGHAMMAIL.CO.UK)

BOLASPORT.COM - Aston Villa yang kini tak ada apa-apanya dulu pernah berjaya di Liga Champions. Aktor penting yang membuat mereka menyentuh puncak prestasi adalah Peter Withe yang pernah melatih timnas Indonesia.

Beberapa pelatih asing timnas Indonesia pernah mencatatkan prestasi hebat di dunia sepak bola.

Contohnya pelatih timnas Indonesia saat ini, Luis Milla, pernah berkarier di dua klub besar Real Madrid dan Barcelona, lalu pelatih timnas U-19 Indonesia (1988-1991) Josef Masopust juga punya prestasi mentereng dengan meraih penghargaan Ballon d'Or pada 1962.


Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla, memimpin latihan perdana timnya di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Senin (7/8/2017) ( SUPERBALL.ID/FERI SETIAWAN )

Selain dua sosok tersebut masih ada mantan pelatih timnas Indonesia tahun 2000-an, Peter Withe, yang juga mempunyai pencapaian gemilang kala memperkuat klub Liga Inggris, Aston Villa.

Aston Villa kini memang tidak apa-apanya melihat klub asal kota Birmingham itu berada di kasta kedua Liga Inggris.

Namun setiap klub memiliki kisah manis di masa lalu, tak terkecuali bagi The Villans yang diperkuat Withe pada tahun 1980-an.

Flashback ke tanggal 26 Mei 1982, Aston Villa yang diperkuat Withe bertemu Bayern Muenchen di final Piala Eropa (sekarang Liga Champions).

Laga pamungkas tersebut berlangsung di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda.